Langsung ke konten utama

RESEP DAN CARA MEMBUAT TIWUL MAKANAN KHAS INDONESIA


Pembuatan Tiwul


·        Sejarah Tiwul
Tiwul merupakan makanan tradisional berbahan dasar ketela atau ubi kayu. Di zaman penjajahan Belanda, tiwul merupakan makanan pokok pengganti beras karena masyarakat Indonesia saat itu tidak sempat untuk bercocok tanam apalagi harus bertani. Tiwul yang berbahan singkong dijadikan pengganti beras ketika harga beras tidak terbeli oleh masayarakat Indonesia. Hal ini terjadi pada masa penjajahan Jepang dan pada era 1960-an. Pada masa lalu, tiwul dimakan selayaknya nasi dengan lauk pauk serta sayuran seadanya.  Penduduk pegunungan kidul ( Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul ) dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari – hari.
Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya dapat mencegah penyakiyt maagh. Saat ini, tiwul dikenal sebagai jajanan pasar yang sangat merakyat. Tiwul cukup mudah ditemui di banyak daerah terutama di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

·        Anggaran
No
Nama
Harga
1
Tepung gaplek    1 kg
Rp. 3000
2
Gula jawa          ¼ kg
Rp. 3000
3
Kelapa               1 buah
Rp. 3500

Jumlah
Rp. 9500

·        




Alat dan Bahan

a.       Tampah
b.       Kukusan
c.        Dandang
d.       Tungku kayu
e.       Tepung gaplek
f.         Gula jawa
g.       Air

·        Proses Pembuatan

a.       Tepung ubi jalar/singkong diberi campuran air dan gula jawa.
b.       Aduk tepung bercampur dengan air gula jawa dengan tangan hingga merata.
c.        Aduk terus hingga tepung dan air gula jawa bercampur menjadi adonan bahan butiran kasar & halus.
d.       Adonan bahan kemudian diayak, untuk memisahkan butiran halus dan kasar.
e.       Adonan bahan tiwul dimasukan dalam kukusan. Beri lubang ditengah adonan agar uap air bisa keluar.
f.         Kukus di atas tungku dengan kayu bakar atau kompor selama 30 menit
g.       Siapkan piring dan daun pisang di atasnya, tutup permukaan kukusan kemudian balikan. Tiwul hangat tertuang rapi di atas piring. Kudapan Tiwul dengan parutan kelapa kukus di atas tiwul dan siap disantap.

·        Keselamatan Kerja

a.       Kebersihan tempat kerja dan peralatan yang digunakan pada pembuatan hendaknya diperhatikan, baik saat akan mulai memasak maupun setelah selesai memasak.
b.       Kebersihan tangan harus diperhatikan pada saat pembuatan   adonan tepung tiwul.
c.        Jagalah besarnya api saat memasak dengan kayu bakar.
d.       Padamkan api dengan baik saat selesai memasak.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL MENJADI DJO LENGKAP

 MENJADI DJO A. IDENTITAS NOVEL Pengarang    : Dyah Rinni Penerbit     : Gramedia Pustaka Utama (GPU) Terbit       : Cetakan pertama, Mei 2014 Tebal        : 296 halaman ISBN/EAN     : 9786020304472 / 9786020304472 B. SINOPSIS NOVEL Novel Menjadi Djo karya Dyah Rinni menceritakan tentang persahabatan yang terjalin antar etnis yang berbeda yaitu antara tokoh utama yang beretnis Tionghoa dengan tokoh lainnya yang beretnis Jawa, Batak, ataupun etnis lainnya. Novel Menjadi Djo menceritakan sekilas curahan hati seorang pemuda keturunan Tionghoa yang lahir dan besar di Indonesia. Dia bahkan telah menjadi seorang Direktur Perusahaan Pengiriman Terbesar di Indonesia, Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE). Bagian satu terjadi pada awal tahun 1960-an, saat A Guan masih menjadi siswa di SD Methodist Medan. A Guan memiliki seorang sahabat yang bernama Yanto yang beretnis Jawa. Yanto adalah anak dari pembantu rumah tangga keluarga A Guan yang sering disebut denga

MATERI PPKN KELAS 8 BAB DEMOKRASI

BUDAYA DEMOKRASI INDONESIA 1.    Pengertian demokrasi menurut ICJ dan J.Abraham Lincoln. Jawab : ·           ICJ , Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang menjamin hak untuk membuat keputusan yangt diselenggarakan oleh warga Negara melaui wakilnya yang terpilih dan bertanggung jawab kepada rakyat melaui pemilu. ·          Abraham Lincoln, Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.  2.  Unsur unsur rule of law Jawab : ·          Berlakunya supremasi hukum (hukum berada pada kedudukan tertinggi; semua orang tunduk pada hukum). ·          Perlakuan yang sama di depan hukum bagi setiap warga Negara. ·          Terlindungnya HAM oleh Undang-Undang Dasar dan keputusan pengadilan.  3. Syarat  syaratnegara dari pemerintahan yang demokratis. Jawab :  ·          Perlindungan secara konstitusional atas hak-hak warga Negara, berarti hak-hak warga Negara itu dilindungi oleh konstitusi atau UUD. ·