Langsung ke konten utama

IPA PENYAKIT DAN KELAINAN PADA ANGGOTA GERAK MANUSIA

PENGERTIAN, PENYEBAB DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PADA ANGGOTA GERAK


RIKETSIA

  Penyakit riketsia (Rickettsia) adalah infeksi yang disebabkan oleh kelompok bakteri gram negatif dari golongan Rickettsiae, Ehrlichia, Orientia, dan Coxiella. Penyakit ini bersifat endemik hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Endemik berarti keadaan suatu masalah kesehatan (umumnya penyakit) yang frekuensinya pada suatu wilayah tertentu menetap dalam waktu yang lama.

  Riketsia terjadi karena kekurangan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor dari darah hingga pengerasan tulang. Penyakit ini terjadi pada anak. Riketsia menyebabkan tulang kaki tumbuh membengkok. Penyembuhan dan pencegahan dari penyakit
ini adalah dengan penambahan kalsium, fosfor, dan vitamin D ke dalam diet. Vitamin D bisa didapat dengan berjemur di panas matahari.
untuk mengurangi risiko terjangkit penyakit Rickettsia dengan cara hindari kontak dengan artropoda penyebab seperti tungau, kutu, tuma, atau caplak, termasuk mewaspadai hewan-hewan peliharaan yang terinfeksi seperti anjing dan kucing.


OSTEOPOROSIS
 Pengertian :
Osteoporosis adalah suatu penyakit dimana terjadi penurunan massa tulang (pengurangan jaringan tulang)  terutama terjadi pada tulang spongiosa. Pada penyakit ini proses penghancuran tulang melebihi proses pembentukan tulang. Penyakit ini terjadi terutama pada wanita kulit putih usia lanjut setelah menopause.

  Penyebab  :
Umumnya osteoporisis disebabkan oleh hormon jantan / betina yang kurang sempurna atau akibat kekurangan asupan kalsium untuk tulang.

  Pencegahan :
Konsumsi Kalsium Yang Cukup 
Berhati-hati Menggunakan Obat
Batasi Konsumsi Garam
Cukupi Konsumsi Vitamin D
Aktif Berolahraga
Bantu Dengan Obat


ARTRITIS
  Pengertian :
Artritis adalah peradangan sendi dengan ciri-ciri bengkak, dang gangguan. Fungsi sendi tersebut. Penderita penyakit ini mempunyai tulang rawan pada sendi yang rusak. Kerusakan ini menyebabkan sendi menjadi sakit dan bengkok.

 Penyebab :
Obesitas atau kelebihan berat badan
Kondisi di usia sebelumnya
Faktor keturunan
Perubahan hormonal
Asam yang berlebihan di dalam tubuh.

Pencegahan :
Perubahan gaya hidup ( mencangkup latihan fisik dan mengontrol berat badan).
     
     
FRAKTURA ( PATAH TULANG )
     
  Pengertian :
Fraktura tulang sederhana yaitu keretakan tulang yang tidak melukai organ-organ yang ada di sekelilingnya. Fraktura kompleks adalah keretakan tulang yangmenyebabkan luka pada organ di sekitarnya.

  Penyebab :
Fraktura adalah retak tulang ataupatah tulang yang umumnya terjadi akibat benturan, kelebihan beban, tekanan, dan lain sebagainya.

  Pencegahan :
Untuk mencegah penyakit fraktura kita bisa memakan kulit buah manggis dan ekstra daun sirsak yang mengandung anti tumor dan anti kanker


LORDOSIS

  Pengertian :
Lordosis merupakan gangguan yang mengakibatkan ruas-ruas tulang belakang terlalu bengkok ke arah depan sehingga posisi kepala tampak seperti tertarik ke belakang.

  Penyebab :
Lordosis dapat disebabkan karena perut penderita yang terlalu besar seperti karena hamil atau kegemukan, riketsia, atau karena kebiasaan duduk yang salah.

  Pencegahan :
Lordosis dapat dicegah dengan cara duduk yang benar dan jangan terlalu banyak makan karena bisa mengakibatkan kegemukan, dan dengan kegemukan dapat mengakibatan lordosis.


KIFOSIS

  Pengertian :
Kifosis merupakan gangguan ang mengakibatkan ruas-ruas tulang belakang terlalu bengkok ke arah belakang sehingga badan penderita menjadi bungkuk.

  Penyebab :
Kifosis dapat disebabkan karena penyakit riketsia dan TBC, atau kebiasaan duduk yang salah.

  Pencegahan :
Kifosis dapat dicegah sejak dini yaitu selalu menjaga posisi duduk yang benar agar tulang tidak bengkok.


SKOLIOSIS

  Pengertian :
Skoliosis merupakan gangguan yang mengakibatkan ruas-ruas tulang belakang melengkung ke kanan atau ke kiri.

  Penyebab :
Skoliosis dapat disebabkan oleh penyakit polio atau kebiasaan posisi duduk yang salah.

  Pencegahan :
Skoliosis dapat disembuhkan atau dicegah sejak dini yaitu selalu menjaga posisi duduk yang benar agar tulang tidak bengkok.


RAKHITIS

  Pengertian :
Rakhitis adalah pelunakan dan melemahnya tulang pada manusia

  Penyebab :
Rakhitis biasanya terjadi karena kekurangan vitamin D yang ekstrim dan berkepanjangan, yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat

  Pencegah :
Mengonsumsi vitamin D yang ditemukan secara alami dalam makanan yang dimakan agar tubuh menyerap kalsium dan fosfor dengan benar.


FISURA

  Pengertian :
Fisura adalah retakan tipis dalam epidermis atau epitel.

  Penyebab :
Fisura biasanya disebabkan oleh kekeringan yang berlebihan.

  Pencegah :
Cara mencegahnya yaitu harus berpola makan yang teratur, meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh menghindari konsumsi (kafein, teh, dan alkohol yang berlebihan).



ANKILOSIS

  Pengertian :
Ankilosis adalah gangguan pada sendi yang menyebabkan sendi menjadi kaku atau bahkan tulang-tulang saling melekat satu sama lainnya. Jika terserang ankilosis, maka tungkai dengan lengan akan sulit digerakkan pada mulanyadan kemudian tidak dapat digerakkan sama sekali saat ankilosis bertambah parah.

  Penyebab :
Ankilosis disebabkan oleh radang pada jaringan ikat di sekitar sendi atau penumpukan asam urat. Ankilosis paling sering menyerang lutut, namun juga dapat menyerang pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan leher.

  Pencegahan :
Ankilosis dapat dicegah dengan cara harus menjaga pola hidup yang lebih baik. Seseorang harus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit ankilosis ini.


SUBLURIKASI

  Pengertian
Sublurikasi adalah kelainan pada tulang belakang pada bagian leher yang menyebabkan kepala penderita gangguan tersebut berubah kea rah kiri atau ke kanan.

  Penyebab :
Sublurikasi dapat terjadi karena penderita yang melakukan gerakan ekstrem di leher seperti memutar leher hingga berbunyi.
  Pencegah :

Sublurikasi dapat dicegah dengan tidak melakukan gerakan ekstrem di  leher.


RHEUMATIC

  Pengertian :
Rheumatik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan rasa sakit dari alat gerak satu-satunya adalah tulang.

  Penyebab :
Rematik dapat terjadi karena kerentanan genetic, infeksi virus atau perubahan hormone.

  Pencegah :
Rematik dapat dicegah dengan ramuan obat-obat tradisional.



Sekian dan Terimakasih








Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL MENJADI DJO LENGKAP

 MENJADI DJO A. IDENTITAS NOVEL Pengarang    : Dyah Rinni Penerbit     : Gramedia Pustaka Utama (GPU) Terbit       : Cetakan pertama, Mei 2014 Tebal        : 296 halaman ISBN/EAN     : 9786020304472 / 9786020304472 B. SINOPSIS NOVEL Novel Menjadi Djo karya Dyah Rinni menceritakan tentang persahabatan yang terjalin antar etnis yang berbeda yaitu antara tokoh utama yang beretnis Tionghoa dengan tokoh lainnya yang beretnis Jawa, Batak, ataupun etnis lainnya. Novel Menjadi Djo menceritakan sekilas curahan hati seorang pemuda keturunan Tionghoa yang lahir dan besar di Indonesia. Dia bahkan telah menjadi seorang Direktur Perusahaan Pengiriman Terbesar di Indonesia, Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE). Bagian satu terjadi pada awal tahun 1960-an, saat A Guan masih menjadi siswa di SD Methodist Medan. A Guan memiliki seorang sahabat yang bernama Yanto yang beretnis Jawa. Yanto adalah anak dari pembantu rumah tangga keluarga A Guan yang sering disebut denga

MATERI PPKN KELAS 8 BAB DEMOKRASI

BUDAYA DEMOKRASI INDONESIA 1.    Pengertian demokrasi menurut ICJ dan J.Abraham Lincoln. Jawab : ·           ICJ , Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang menjamin hak untuk membuat keputusan yangt diselenggarakan oleh warga Negara melaui wakilnya yang terpilih dan bertanggung jawab kepada rakyat melaui pemilu. ·          Abraham Lincoln, Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.  2.  Unsur unsur rule of law Jawab : ·          Berlakunya supremasi hukum (hukum berada pada kedudukan tertinggi; semua orang tunduk pada hukum). ·          Perlakuan yang sama di depan hukum bagi setiap warga Negara. ·          Terlindungnya HAM oleh Undang-Undang Dasar dan keputusan pengadilan.  3. Syarat  syaratnegara dari pemerintahan yang demokratis. Jawab :  ·          Perlindungan secara konstitusional atas hak-hak warga Negara, berarti hak-hak warga Negara itu dilindungi oleh konstitusi atau UUD. ·         

RESEP DAN CARA MEMBUAT TIWUL MAKANAN KHAS INDONESIA

Pembuatan Tiwu l ·          Sejarah Tiwul Tiwul merupakan makanan tradisional berbahan dasar ketela atau ubi kayu. Di zaman penjajahan Belanda, tiwul merupakan makanan pokok pengganti beras karena masyarakat Indonesia saat itu tidak sempat untuk bercocok tanam apalagi harus bertani. Tiwul yang berbahan singkong dijadikan pengganti beras ketika harga beras tidak terbeli oleh masayarakat Indonesia. Hal ini terjadi pada masa penjajahan Jepang dan pada era 1960-an. Pada masa lalu, tiwul dimakan selayaknya nasi dengan lauk pauk serta sayuran seadanya.   Penduduk pegunungan kidul ( Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul ) dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari – hari. Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya dapat mencegah penyakiyt maagh. Saat ini, tiwul dikenal sebagai jajanan pasar yang sangat merakyat. Tiwul cukup mudah ditemui di banyak daerah