Langsung ke konten utama

MATERI PPKN KELAS 8 BAB DEMOKRASI

BUDAYA DEMOKRASI INDONESIA


1.  Pengertian demokrasi menurut ICJ dan J.Abraham Lincoln.
Jawab :

·         ICJ , Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang menjamin hak untuk membuat keputusan yangt diselenggarakan oleh warga Negara melaui wakilnya yang terpilih dan bertanggung jawab kepada rakyat melaui pemilu.

·         Abraham Lincoln, Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

 2.  Unsur unsur rule of law
Jawab :

·         Berlakunya supremasi hukum (hukum berada pada kedudukan tertinggi; semua orang tunduk pada hukum).

·         Perlakuan yang sama di depan hukum bagi setiap warga Negara.

·         Terlindungnya HAM oleh Undang-Undang Dasar dan keputusan pengadilan.

 3. Syarat  syaratnegara dari pemerintahan yang demokratis.
Jawab : 
·         Perlindungan secara konstitusional atas hak-hak warga Negara, berarti hak-hak warga Negara itu dilindungi oleh konstitusi atau UUD.

·         Badan kehakiman atau peradilan yang bebas dan tidak memihak, artinya badan atau lembaga itu tidak dapat dicampurtangani oleh pemerintah dan lembaga manapun. Tujuannya untuk mencapai keadilan.

·         Pemilu yang bebas, artinya pemilu yang dilakukan sesuai dengan hati nurani tanpa tekanan atau paksaan dari pihak manapun.

·         Kebebasan untuk menyatakan pendapat, adalah kebebasan warga Negara untuk menyatakan pendapatnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara baik secara lisan maupun tulisan.

·         Kebebasan untuk berorganisasi, adalah kebebasan warga Negara untuk menjadi anggota organisasi politik atau organisasi kemasyarakatan. 

   Kebebasan beroposisi, adalah kebebasan untuk mengambil posisi diluar pemerintahan serta melakukan control atau kritik terhadap kebijakan pemerintah.

·         Pendidikan kewarganegaraan, maksudnya agar warga Negara mengetahui apa saja hak dan kewajibannya sebagai warga Negara, serta mampu menunjukkan partisipasinya dalam kehidupan bernegara.

 4. Demokrasi menurut cara menyalurkan kehendak / pendapat.
 Jawab : 

·         Demokrasi Langsung Adalah Demokrasi yang mengikutsertakan setiap negaranya dan permusyawaratan untuk menentukan setiap kebijakan-kebijakan umum.

·         Demokrasi Tidak Langsung Adalah Demokrasi secara tidak langsung diadakannya suatu system pemerintah atau demokrasi secara tidak dilaksanakannya melalui system melainkan melalui umum.

 5. Dasar hukum atau landasan demokrasi pancasila.
 Jawab : 
           
Landasan hukum:
·         pembukaan UUD RI 1945 alinea keempat"....maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Nagara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat...."

·         pasal 1 ayat 1 UUD negara republik Indonesia 1945, menegaskan " Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar"


 6. Nilai nilai demokrasi yang terdapat dalam pancasila.
Jawab : 

·         Adanya kebebasan  yang harus disertai dengan rasa tanggung jawab.

·         Menjunjung harkat dan martabat kemanusiaan.

·        Menjamin dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam hidup  bersama.

·       Mengakui atas perbedaan individu, ras, kelompok, suku dan agama.

·       Mengakui adanya persamaan hak yang melekat pada setiap individu, kelompok, ras, suku dan agama.

·         Mengarahkan perbedaan dalam suatu kerja sama kemanusiaan yang beradab.

·         Menjunjung tinggi asas musyawarah sebagai moral kemanusiaan yang beradab.

·         Mewujudkan dan mendasarkan suatu keadilan dalam kehidupan sosial agar tercapainya tujuan bersama.


 7. Macam macam demokrasi yang pernah berlaku di Indonesia dan masa berlakunya.
Jawab :   
         
·         Demokrasi liberal            (1945-1959)
·         Demokrasi terpemimpin        (1959-1965)           
·         Demokrasi pancasila          (1965-1998)           
·         Demokrasi era reformasi      (1998-sekarang)

 8. Penyimpangan penyimpangan yang terjadi pada masa berlakunya konstitusi di Indonesia.
Jawab : 

·         Penyimpangan terhadap UUD 1945 .Maklumat Wakil Presiden Nomor X telah melanggar UUD 1945 pasal 4 aturan peralihan yang berbunyi “Sebelum MPR, DPR, dan DPA terbentuk, segala kekuasaan dilaksanakan oleh Presiden dengan bantuan sebuah komite nasional”.

·         Penyimpangan terhadap UUD RIS .Negara Indonesia yang berbentuk kesatuan (NKRI) menjadi berbentuk serikat/federasi (RIS).

·         Penyimpangan terhadap UUD sementara 1950 . Perubahan konstitusi Republik Indonesia ke UUDS 1950 ini mencakup perubahan mukadimah (pendahuluan) dan bentuk negara yang kembali menjadi NKRI .Presiden membubarkan konstituante, kemudian membentuk Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS).

·         Penyimpangan pada Era Orde Lama (Periode berlakunya kembali UUD 1945). Demokrasi yang terpimpin yang seharusnya diarahkan oleh “ Hikmat kebijaksanaan dalam permusyarawatan/perwakilan”, diwarnai kepentingan dan ambisi politik sehingga arahnya menjadi melenceng dari konstitusi.

·         Penyimpangan Pada Era Orde Baru . Sepeninggal Presiden Soekarno dan orde lama, pemerintahan baru dipimpin oleh Presiden Soeharto. Tetapi selama mengendalikan bangsa dan negara lebih dari 30 tahun, Presiden Soeharto dan orde barunya juga melakukan penyelewengan.

·         Penyimpangan pada Masa Reformasi . Bergulirnya reformasi telah menghempuskan angin kebebasan dan demokrasi di segala aspek kehidupan.


 9. Jenis Jenis Referendum beserta pengertiannya.
Jawab :
           
     Referendum berasal dari kata refer yang berarti pelaksanaan pelaksanaan pemerntahan didasarkan pada pengawasan secara langsung oleh rakyat, terutama terhadap kebijaksanaan yang telah, sedang, atau yang akan dilaksanakan oleh badan legislatif atau eksekutif. 
Dalam praktenya, referendum dapat dibedakan sebagai berikut.
·            Referendum obligator (wajib)
Referendum obligator adalah referendum yang harus terlebih dahulu mendapat persetujuan langsung dari rakyat sebelum undang-udang tertentu diberlakukan.
·            Referendum fakultatif
Referendum fakultatif adalah referendum yangdilaksanakan 

10.  Pembagian Kekuasaan menurut Montesqueau.
Jawab :

·         kekuasaan legislatif yaitu kekuasaan yg membuat undang undang= DPR

·         kekuasaan ekskutif yaitu yang melaksanaka undang undang  = Presiden

·         kekuasaan yudikatif yaitu yang mengawasi jalannya undang undang  = MA,MK,KY


 11.  Pengertian Rakyat, Penduduk, Warga Negara, Bangsa.
Jawab :

·         Rakyat
(Inggris : Peoples) adalah bagian dari suatu negara atau elemen penting dari suatu pemerintahan. Rakyat terdiri dari beberapa orang yang mempunyai ideologi sama dan tinggal di daerah/pemerintahan yang sama dan mempunyai hak dan kewajiban yang sama yaitu untuk membela negaranya bila diperlukan.
·         Penduduk
Penduduk adalah orang yang berhak tinggal daerah, dengan syarat orang tersebut harus memiliki surat resmi untuk tinggal disitu. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.
·         Warga Negara
Warga Negara adalah keanggotaan seseorang dalam satuan politik tertentu (dalam negara) dan mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik.
·         Bangsa
Bangsa adalah suatu komunitas etnik yang ciri-cirinya adalah: memiliki nama, wilayah tertentu, mitos leluhur bersama, kenangan bersama, satu atau beberapa budaya yang sama dan solidaritas tertentu. Bangsa juga merupakan doktrin etika dan filsafat, dan merupakan awal dari ideology nasionalisme.


 12.  Syarat syarat hak pilih Aktif dan Pasif ( 5 ).
Jawab :           

Syarat-syarat hak pilih aktif yaitu : 
·         Warga negara yang sudah genap berumur 17 tahun atau pernah menikah.
·         Telah terdaftar dalam daftar pemilih.
·         Bukan bekas anggota organisasi terlarang (PKI) termasuk     organisasi massanya.
·         Bukan orang yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam
·         G30 S/PKI atau organisasi terlarang lainnya.
·         Tidak sedang terganggu jiwa atau ingatannya.

 Syarat-syarat hak pilih pasif yaitu : 
·         Warga negara yang sudah berumur 21 tahun dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
·         Bertempat tinggal dalam wilayah RI yang dibuktikan dengan KTP atau keterangan dari lurah atau kepala desa tentang  alamat yang sebenarnya.  
·         Dapat berbahasa Indonesia, dapat membaca dan menulis.
·         Berpendidikan serendah-rendahnya SLTA atau  berpengetahuan sederajat dan berpengalaman dalam bidang  kemasyarakatan.
·         Setia pada Pancasila dan UUD 1945 dan cita-cita proklamasi   17 agustus 1945.


 13.  Tugas dan wewenang lembaga perwakilan rakyat.
Jawab :

a. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Tugas MPR yaitu:
·         Mengubah serta menetapkan UUD.
·         Melantik Presiden serta Wakil Presiden berdasarkan hasil Pemilu dalam sidang paripurna MPR.
·         Memutuskan usul DPR berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi untuk memberhentikan Presiden dan atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya setelah Presiden dan atau Wakil Presiden diberi kesempatan untuk menyampaikan penjelasan di dalam sidang paripurna MPR.
·         Melantik Wakil Presiden menjadi Presiden apabila Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melaksanakan kewajibannya dalam masa jabatannya.
·         Memilih Wakil Presiden dari dua calon yang diajukan Presiden apabila terjadi kekosongan jabatan Wakil Presiden dalam masa jabatannya selambat-lambatnya dalam waktu enam puluh hari.
·         Memilih Presiden serta Wakil Presiden apabila keduanya berhenti secara bersamaan dalam masa jabatannya, dari dua paket calon presiden serta wakil presiden yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang paket calon presiden serta wakil presidennya meraih suaraterbanyak pertama serta kedua dalam pemilihan sebelumnya, sampai habis masa jabatannya selambat- lambatnya dalam waktu 30 hari.

 b.       Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
Tugas DPR yaitu :
·         Membentuk undang-undang yang dibahas dengan Presiden untuk mendapat persetujuan bersama.
·         Membahas dan memberikan atau tidak memberikan persetujuan terhadap peraturan pemerintah pengganti undang-undang
·         Memperhatikan pertimbangan DPD atas RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama dalam awal pembicaraan tingkat I.
·         Membicarakan APBN bersama presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPD

 c.       Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
Tugas DPD yaitu :
·         Memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU APBN dan RUU yang berkaitan dengan pajak, pendidikan, dan agama
·         Memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan
·         Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari BPK untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang RUU yang berkaitan dengan APBN.


 14.  Tugas presiden sebagai kepala Negara dan kepala Pemerintahan.
Jawab : 

Tugas Presiden sebagai Kepala Negara tercantum dalam peraturan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai berikut : 
·         UUD 1945 Pasal 10: Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.
·         UUD 1945 Pasal 13 ayat 1: Presiden mengangkat duta dan konsul.
·         UUD 1945 Pasal 13 ayat 3: Presiden menerima penempatan duta negara lain dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat.
·         UUD 1945 Pasal 29 Ayat 2: Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
·         UUD 1945 Pasal 31 Ayat 4: Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional
·         UUD 1945 Pasal 32 Ayat 1: Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya.
·         UUD 1945 Pasal 32 Ayat 2: Negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.
·         UUD 1945 Pasal 34 Ayat 1: Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.
·         UUD 1945 Pasal 34 Ayat 2: Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan
·         UUD 1945 Pasal 34 Ayat 3:  Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak.
·         Tugas Presiden sebagai Kepala Pemerintahan Yaitu : 
·         UUD 1945 Pasal 4 ayat 1: Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.
·         UUD 1945 Pasal 5 ayat 2: Presiden menetapkan peraturan pemerintah untuk menjalankan undang-undang sebagaimana mestinya.
·         UUD 1945 Pasal 17 ayat 2: Menteri-menteri itu diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.
·         UUD 1945 Pasal 18B Ayat 1: Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota, atau provinsi dan kabupaten dan kota, diatur dengan undang-undang dengan memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah
·         UUD 1945 Pasal 18B Ayat 2: Hubungan keuangan, pelayanan umum, pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya lainnya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah diatur dan dilaksanakan secara adil dan selaras berdasarkan undang-undang.
·         UUD 1945 Pasal 20 Ayat 4: Presiden mengesahkan rancangan undang-undang yang telah disetujui bersama untuk menjadi undang-undang.
·         UUD 1945 Pasal 23 Ayat 2: Rancangan undang-undang anggaran pendapatan dan belanja negara diajukan oleh Presiden untuk dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah.
·         UUD 1945 Pasal 23F Ayat 1: Anggota Badan Pemeriksa Keuangan dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah dan diresmikan oleh Presiden


 15.   Sikap positif masyarakat terhadap perwujudan kedaulatan rakyat.
Jawab :

Sikap positif terhadap perwujudan kedaulatan rakyat, antara lain:
·         mengikuti pemilihan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
·         melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab;
·         berperan serta dalam memilih anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan BPD;
·         berperan serta memilih calon presiden dan/atau wakil presiden dalam pemilu;
·         tidak mengganggu jalannya pemilihan umum;
·         berperan serta dalam penentuan anggota Badan Pemeriksa Keuangan;
·         Ikut menyampaikan aspirasinya demi kemajuan bangsa Indonesia


 16.  Sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia yang di wujudkan siswa dalam lingkungan sekolah.
Jawab :

·         Membayar SPP tepat pada waktunya
·         Mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang berlaku
·         Berseragam sekolah sesuai dengan ketentuan
·         Menghormati kepala sekolah, guru dan karyawan lainnya


 17.  Contoh pemilihan pemimpin secara demokrasi           
Jawab :

·         Pemilihan Presiden secara langsung atau oleh MPR
·         Pemilihan Gubernur oleh DPRD Tk I, kemudian diangkat oleh Presiden melalui Mendagri
·         Pemilihan ketua partai politik atau organisasi kemasyarakatan
·         Pemilihan kepala desa secara langsung
·         Pemilihan ketua OSIS secara langsung atau perwakilan


 18.  Proses dan mekanisme permusyawaratan harus memiliki unsur-unsur.           
Jawab :

·         Kejelasan masalah
·         Berkembang pendapat dengan alasan yang baik
·         Cenderung bersepakat
·         Dipimpin akal sehat dan hati nurani luhur serta rasa tanggung jawab
·         Semua pihak tunduk dan taat pada hasil keputusan. 


19.  Perwujudan demokrasi Pancasila dalam berbagai kehidupan.           
 Jawab :

Keluarga
·         Masalah keluarga dibahas secara musyawarah mufakat
·         Menghormati pendapat anggota keluarga
·         Mengakui perbedaan yang ada
Sekolah
·         Menghormati pendapat teman
·         Berani menyampaikan gagasan datau pendapat
·         Pemilihan ketua kelas atau OSIS
Masyarakat
·         Pemilihan kepala desa atau ketua RW/RT
·         Rembug desa (musyarawah desa) menyangku pembangunan desa
Bangsa dan Negara
·         Pemilihan presiden
·         Sidang umum MPR/DPR
·         Pemilu lima tahun sekali.


20.  Nilai Lebih (Keunggulan) Demokrasi
Jawab :

Pancasila adalah Adanya penghargaan terhadap hak asasi manusia dan hak minoritas. Karena tidak mengenal dominasi mayoritas (kelompok besar menguasai segi kehidupan dengan mengabaikan kelompok kecil) ataupun tirani minoritas (kelompok kecil menguasai segi kehidupan dengan mengabaikan kelompok besar) 



SEKIAN DAN TERIMAKASIH :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL MENJADI DJO LENGKAP

 MENJADI DJO A. IDENTITAS NOVEL Pengarang    : Dyah Rinni Penerbit     : Gramedia Pustaka Utama (GPU) Terbit       : Cetakan pertama, Mei 2014 Tebal        : 296 halaman ISBN/EAN     : 9786020304472 / 9786020304472 B. SINOPSIS NOVEL Novel Menjadi Djo karya Dyah Rinni menceritakan tentang persahabatan yang terjalin antar etnis yang berbeda yaitu antara tokoh utama yang beretnis Tionghoa dengan tokoh lainnya yang beretnis Jawa, Batak, ataupun etnis lainnya. Novel Menjadi Djo menceritakan sekilas curahan hati seorang pemuda keturunan Tionghoa yang lahir dan besar di Indonesia. Dia bahkan telah menjadi seorang Direktur Perusahaan Pengiriman Terbesar di Indonesia, Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE). Bagian satu terjadi pada awal tahun 1960-an, saat A Guan masih menjadi siswa di SD Methodist Medan. A Guan memiliki seorang sahabat yang bernama Yanto yang beretnis Jawa. Yanto adalah anak dari pembantu rumah tangga keluarga A Guan yang sering disebut denga

RESEP DAN CARA MEMBUAT TIWUL MAKANAN KHAS INDONESIA

Pembuatan Tiwu l ·          Sejarah Tiwul Tiwul merupakan makanan tradisional berbahan dasar ketela atau ubi kayu. Di zaman penjajahan Belanda, tiwul merupakan makanan pokok pengganti beras karena masyarakat Indonesia saat itu tidak sempat untuk bercocok tanam apalagi harus bertani. Tiwul yang berbahan singkong dijadikan pengganti beras ketika harga beras tidak terbeli oleh masayarakat Indonesia. Hal ini terjadi pada masa penjajahan Jepang dan pada era 1960-an. Pada masa lalu, tiwul dimakan selayaknya nasi dengan lauk pauk serta sayuran seadanya.   Penduduk pegunungan kidul ( Pacitan, Wonogiri, Gunung Kidul ) dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari – hari. Tiwul dibuat dari gaplek. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya dapat mencegah penyakiyt maagh. Saat ini, tiwul dikenal sebagai jajanan pasar yang sangat merakyat. Tiwul cukup mudah ditemui di banyak daerah